Apa sih tujuan nge-blog itu? kebanyakan orang bilang biar dibaca orang, biar bisa narsis-narsisan, tempat curhat, tempat penelitian biar gak lupa, dan banyak hal lagi.. Tapi biasanya kebanyakan orang buat blog adalah ikut-ikutan orang yang nge-blog sebelumnya, biar blog-nya dibaca orang sehingga dapat memperoleh kepuasan batin karena blognya diperhatikan. Blog orang laris karena ada feedback dari orang yang membaca entah itu lewat fitur komentar maupun kotak sahut (shout-box), sehingga orang yang memiliki blog yang tidak memiliki banyak komentar dapat diindikasikan kalau orang itu introvert atau gak punya teman.. (seperti blog saya ini mungkin)...

Mungkin ada positifnya ada juga negatifnya kalau blog tidak pernah dibaca orang, dari segi yang punya blog tentunya. Sisi positifnya adalah bisa bebas ngomongin orang, institusi, politik atau apapun tanpa khawatir isinya akan diprotes orang, apa aja lah wong blognya yang baca kaga ada koq. Sisi negatifnya. hmm mungkin karena gak dibaca orang, gak dapet kepuasan batin sehingga orang yang punya blog itu jadi males ngeblog kali yaa.. (seperti saya ini).

Saya membaca blog teman-teman saya, bahkan saya mengumpulkannya dalam bentuk thread2 yang berurutan secara kronologis lewat web yang saya buat yagn biasa saya sebut planet , hanya beberapa dari teman saya yang "aware" keberadaan web planet ini. Tapi yang jelas saya setiap hari mengakses web ini sehingga bisa dipastikan saya membaca postingan terbaru yang diambil dari blog-blog teman-teman saya..dan terkadang saya memberikan komentar dengan harapan bahwa teman saya akan mengunjungi blog saya dan memberi blog saya beberapa komentar mungkin, namun sayang hal itu sampai sekarang belum terjadi. Yang lebih aneh lagi ada beberapa teman saya yang blognya tidak mau saya baca, dan saya tambah ke web planet saya, entah kondisi itu berlaku dengan orang lain, tanya kenapa? tiada alasan yang jelas pasti, bahkan dia sempat mengancam akan berhenti menulis di blog itu jika saya membaca dan menambahkan ke planetnya..hmm sungguh tidak adil. Ada juga yang blognya seperti saya, tidak ada komentar dan tidak shout box, namun bedanya dengan saya dia sangat rajin menulis blog tanpa harus tahu apakah orang membacanya atau tidak, sebenarnya fitur komentar sudah ada namun hanya eksklusif dari anggota webblog itu alias harus mendaftar dulu.. kan maless bgt deh...